ASPEK
BISNIS DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMSI
Kiat
Bisnis di bidang Internet
Internet bagaikan
rimba tanpa batas. Apapun dapat kita jelajahi di sana, termasuk membangun
jaringan bisnis. Bahkan Bill Gates, Bos Microsoft dalam bukunya Business the
Speed of Thought, dengan lantang mengatakan bahwa bisnis internet adalah bisnis
masa depan.
Karena itu, siapa
yang mampu menancapkan pengaruh bisnisnya di sini secara kokoh, maka sejak hari
itu dia akan menjadi penguasa bisnis masa kini dan sekaligus mencengkeram masa depan.
Tapi mengapa harus
bisnis online ? Asosiasi Penyelenggara jasa Internet Indonesia (APJII) pernah
memperkirakan jumlah pengguna Internet di Indonesia akan mencapai 20 juta
pelanggan pada tahun 2006. Hal ini dipicu oleh meningkatnya penyediaan akses Internet
oleh operator saluran tetap maupun seluler.
Alasan lainnya,
Anda bisa menjalankan bisnis online tanpa terikat oleh tempat dan waktu. Anda
bisa menjalankannya dari mana saja asalkan ada akses internet. Dengan sebuah
laptop, bahkan telepon genggam (HP) atau PDA Anda sudah bisa menjalankan bisnis
Internet.
Bisnis Internet
tidak perlu modal besar. Bahkan hanya dengan biaya akses saja Anda sudah bisa
mendapatkan penghasilan dari Internet, ujar Bob Julius Onggo Konsultan Bisnis
Online Cyberpreneur.
Kiat
Sukses
Banyak sekali orang
yang mencoba untuk mengadu untung di bisnis online. Tapi kenyataannya hanya
kurang dari 10 persen yang benar - benar bisa berhasil sukses. Anda tentu ingin
masuk ke dalam golongan minoritas ini, kan ?
Lalu apa sih
sebenarnya kiat sukses yang 10 persen itu ? Berdasarkan pengalaman saya
bertahun - tahun, untuk sukses di bisnis online, minimal Anda harus
memperlakukan bisnis online Anda layaknya perusahaan besar, terang Bob Julius
Onggo.
Karena itu, Anda
harus membuat rencana kerja yang matang seperti perencanaan waktu dan
perencanaan tentang apa saja yang akan Anda kerjakan.
Kedua, ujamya
memberi tips, seseorang harus disiplin mengikuti perencanaan yang sudah
dibuatnya. Di bisnis online, tidak ada orang yang akan mengatur Anda seperti
layaknya bekerja pada orang lain. Jadi, Anda adalah bos untuk bisnis Anda,
lanjut dia.
Ketiga, Anda harus
fokus dalam menjalankan bisnis. Selesaikan dulu satu program atau perencanaan
sebelum mengerjakan lainnya. Jika Anda seperti katak yang suka loncat sana
loncat sini, maka Anda akan kesulitan untuk bisa sukses dalam bisnis online.
Keempat selalu
komitmen dan sabar. Tidak ada usaha halal yang bisa membuat Anda kaya dalam
semalam atau dalam hitungan hari. Karena itu, jangan cepat patah arang. Untuk
mendapatkan hasil yang memuaskan, bisa butuh waktu berbulan - bulan. Jika Anda
sabar dan komitmen, Anda akan menikmati kesuksesan, terang pengusaha keramik
online ini pula.
Kelima jujur. Jujur
adalah upaya untuk membentuk reputasi bisnis online Anda. Artinya, jangan
pernah melakukan perbuatan ingkar janji atau curang terhadap amanat yang telah
dipercayakan konsumen kepada Anda, apapun bentuk bisnis online yang Anda
tekuni.
Jujur adalah syarat
agar bisnis online Anda panjang umur, saran dia. Sekali Anda berbuat jahat,
maka orang tidak akan mempercayai Anda lagi, dan ini akan menghancurkan usaha
Anda. Bisnis internet adalah bisnis yang sangat membutuhkan kepercayaan dari
prospek Anda.
Kiat keenam agar
sebisa mungkin Anda menghindari pasar yang sesak. Jangan masuki pasar yang
sudah sangat banyak saingannya. Kecuali kalau Anda sudah master dalam bisnis
online, saran dia.
Jadi, jika Anda
belum piawai, carilah ceruk pasar (niche market) yang masih kosong atau yang
masih sepi pemain. Lebih mudah sukses jika Anda fokus di niche market. Nah,
silakan Anda coba jalankan petunjuk-petunjuk diatas, dan semoga Anda akan
menikmati hasilnya.
Enam Jurus
Penglaris Toko Online Anda Menurut Yusuf Waluyo Jati :
Perlakukanlah bisnis Anda layaknya perusahaan
besar / BUMN / multinasional.
Disiplin membuat dan melaksanakan perencanaan.
Fokus atas program bisnis Anda dan tak perlu
loncat sana - sini.
Sabar dan selalu komitmen.
Jujur biar perusahaannya panjang umur.
Bagi pemula, sebisa mungkin hindari pasar yang
banyak pesaing (pasar sesak).
Kunci
Sukses Menjual Produk di Website Anda
Pada koran harian
nasional, hal yang menarik adalah informasi tentang pertumbuhan jumlah pemakai
internet. Berdasarkan data pihak yang terkait, jumlah pemakai internet
mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.
Hal ini
mengingatkan pada beberapa produk yang dijual secara online, mulai dari produk
barang hingga produk informasi. Dengan kondisi seperti sekarang ini saja,
produk - produk yang dijual secara online cukup `laku`.
Apalagi jika
pertumbuhan jumlah pemakai internet di kemudian hari kian tak terkendali.
Berikut beberapa kiat sukses menjual produk di website. Setelah beberapa tahun
menekuni dunia bisnis online, disimpulkan ada beberapa kunci sukses menjual
produk di website, yaitu :
1.
Website yang membangun Kredibilitas
Mampukah sebuah website dapat menjual produk
secara mudah ? Jika belum, layak diadakannya
evaluasi apakah website yang dibuat bisa
membangun kredibilitas perusahaan. Jika setelah mengunjungi website tersebut,
seseorang merasa tidak ragu mengeluarkan uangnya untuk membeli produk, maka
website yang dibuat adalah website yang memiliki kredibilitas.
Namun, jika pengunjung masih ragu, atau bahkan
malah curiga dengan website yang telah dibuat, maka website tersebut belum bisa
membangun kredibilitas. Kredibilitas dalam bisnis berhubungan dengan bagaimana
membuat calon customer percaya.
Kredibilitas menghilangkan sekat penghalang
customer untuk membeli produk. Karena itulah, kredibilitas harus dibangun dan
dipertahankan selamanya. Sehingga bisa mendatangkan konsumen baru, sekaligus
mempertahankan konsumen lama. Ada beberapa cara ampuh agar sebuah website
memiliki kredibilitas :
Pemilihan nama website yang tepat, sesuai dengan
produk dan bisnis,
Pembuatan testimonial (kesaksian) mereka yang
telah menggunakan produk,
Perjelas identitas (perusahaan), termasuk
kemudahan untuk menghubungi,
Pemuatan foto - foto (foto kegiatan perusahaan,
dan lain - lain.),
Menggunakan domain berbayar (bukan gratisan),
Memiliki keahlian atau menguasai produk yang
dijual,
Website tidak error,
Sering melakukan update.
Informasi pelatihan bisnis, seperti
PengusahaInternet.com dan StrategiPemasaran.com 90 % dari pembeli produk di dua
situs tersebut melakukan pembayaran, tanpa menghubungi owner lagi. Cukup
mengunjungi situs tersebut, mereka langsung percaya, dan melakukan pembayaran
untuk membeli produk.
Artinya, kedua website tersebut bisa meyakinkan
pengunjung untuk melakukan transaksi, bahkan tanpa harus bertanya - tanya lagi.
Inilah salah satu contoh website yang memiliki kredibilitas
2.
Fokus ke Penjualan
Jika tujuan website adalah menjual produk, maka
fokuskan tujuan website ke penjualan. Presentasikan produk yang dijual sebaik
mungkin. Gunakan kalimat dan gambar yang mendukung. Sebutkan manfaat produk
Anda sebanyak-banyaknya, bukan hanya spesifikasi produk.
Hindari terlalu banyak gambar yang tidak
berhubungan dengan produk dan bisnis. Gambar yang terlalu banyak hanya akan
membuat situs menjadi lama dibukanya. Gambar - gambar kadang juga malah membuat
pengunjung bingung dan tidak fokus ke presentasi.
Hindari juga link yang terlalu banyak di
website. Karena terlalu banyak link akan membuat pengunjung tidak fokus membaca
presentasi produk yang akan dijual.
3.
Website yang Memudahkan Pengunjung
pengunjung adalah raja. Hal ini juga berlaku di
bisnis berbasis online. Karena itu, memberikan segala sesuatu yang terbaik bagi
pengunjung adalah mutlak. Termasuk memberikan kemudahan pengunjung dalam segala
hal.
Kemudahan yang dimaksud seperti kecepatan akses,
kemudahan menghubungi (berinteraksi dengan) penjual, kemudahan menelusuri semua
informasi yang ada di website, dan lain sebagainya. Namun jangan `salah
sangka`.
Kemudahan yang diberikan tetap mengacu pada
tujuan awal untuk melakukan penjualan di website. Jangan terlena sehingga
website terlalu banyak `menghibur` pengunjung, tapi tidak bisa menjual produk.
4.
Pengunjung yang Tertarget
Meningkatkan jumlah pengunjung website adalah
langkah awal yang tepat untuk sukses di bisnis online. Tapi ingat juga,
pengunjung yang mengunjungi situs tersebut harus tepat sasaran. Mereka yang
membuka website hendaknya target pasar.
Sumber : Muhammad
Iqbal Haabibie, S.Kom, MT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar